Sabtu, 19 November 2016

Ilmu Pengetahuan Teknologi

IPTEK adalah akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dimana dari

akronim tersebut mempunyai artinya sendiri, baik Ilmu, Pengetahuan, maupun

Teknologi.

Pengertian teknologi secara umum adalah: 
1.Proses yang meningkatkan nilai tambah 
2.Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja 
         3. Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan.

Teknologi masa lalu lebih sederhana dan hasilnya pun terbatas. Teknologi masa kini biasanya menggunakan mesin yang memudahkan pekerjaan manusia. Gambar di bawah ini adalah contoh lain perkembangan teknologi dari masa ke masa.
1.       Jaman dulu menyetrika baju menggunakan arang, jaman sekarang setrika menggunakan tenaga listrik.
2.       Jaman dulu memasak menggunakan kompor minyak, sekarang memasak menggunakan kompor gas.

3.       Jaman dulu menulis menggunakan mesin ketik, sekarang mengetik menggunakan komputer.

Teknologi Komunikasi Zaman Dulu
Pada zaman dulu, orang menggunakan alat kentongan, tali, telik sandi, surat, dan kurir untuk berkomunikasi.

Bandingkan dengan Teknologi Zaman Sekarang,
1.      Telegram ialah berita yang dikirim melalui telegraf. Kode-kode atau isyarat yang digunakan untuk mengirim pesan melalui telegraf disebut morse.
2.    Telepon merupakan alat komunikasi yang sering digunakan, Dengan menekan nomor tujuan dalam waktu singkat kita dapat berkomunikasi dengan teman atau siapa saja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 
3.     HT(Handy Talkie), termasuk alat komunikasi menyerupai telepon genggam. Biasa digunakan polisi, tentara, satpam, pendaki gunung, dan tim SAR.
4.      Pager (radio panggil) adalah alat komunikasi satu arah. Jika ada pesan yang masuk, pager akan berbunyi dan pesannya tertulis pada layar pager.
5.      Radio adalah salah satu alat komunikasi yang efektif. Sekarang ini, radio menjadi sarana hiburan dan berita.
6.   Televisi, Kita dapat melihat berbagai peristiwa yang terjadi di tempat yang jauh dari tempat tinggal kita melalui televisi.
7.    Media Cetak, ada yang berbentuk majalah atau koran yang terbit harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan. Media cetak tersebut mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kita. Berbagai macam informasi dan pengetahuan bisa kita dapatkan.
8.      Internet, Zaman sekarang sudah ada alat komunikasi yang lebih canggih lagi. Alat komunikasi itu bernama internet. Peralatan yang dipakai untuk berkomunikasi melalui internet adalah komputer. Melalui internet itu kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim atau menerima gambar, mengirim atau menerima surat melalui e-mail, dan lain-lain.

Dampak dari hal ini adalah guru bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan :

a.Pemenuhan  kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat, seperti penggandaan soal ujian dengan adanya mesin foto copy untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.
b.Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, hanya dengan menggunakan jasa pos internet.

Setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan media teknologi seperti, komputer yang dapat mengolah data dengan memanfaatkan berbagai program.

Ilmu pengetahuan dan teknologi pandangan Al-quran dalam melihat makna perkembangan

Bagi ilmuwan al-Qur`an adalah inspirator, maknanya bahwa dalam al-Qur’an banyak terkandung teks-teks (ayat-ayat) yang mendorong manusia untuk melihat, memandang, berfikir, serta mencermati fenomena-fenomena alam semesta ciptaan Tuhan yang menarik untuk diselidiki, diteliti dan dikembangkan.Al-Qur’an menantang manusia untuk menggunakan akal fikirannya seoptimal mungkin.
Al-Qur`an memuat segala informasi yang dibutuhkan manusia, baik yang sudah diketahui maupun belum diketahui. Informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi pun disebutkan berulang-ulang dengan tujuan agar manusia bertindak untuk melakukan nazhar.Nazhar adalah mempraktekkan metode, mengadakan observasi dan penelitian ilmiah terhadap segala macam peristiwa alam di seluruh jagad ini, juga terhadap lingkungan keadaan masyarakat dan historisitas bangsa-bangsa zaman dahulu.  Sebagaimana firman Allah berikut ini:
قُلِ انْظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ                                        
Artinya:    “Katakanlah (Muhammad): lakukanlah nadzar (penelitian dengan menggunakan metode ilmiah) mengenai apa yang ada di langit dan di bumi ...”( QS. Yunus ayat 101)

Di era globalisasi ini kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari Ilmu pengetahuan dan teknologi atau yang biasa kita sebut IPTEK, mulai dari hal yang kecil sampai masalah yang paling vital semua tidak lepas dari IPTEK, kita senantiasa membutuhkan sebuah sarana yang membantu dan memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal serta aktivitas kita sehari-hari salah satunya yaitu dengan IPTEK.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK  telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya harus dikerjakan dengan fisik manusia kini sudah dapat dikerjakan dengan alat-alat tekhnologi. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan IPTEK juga dapat mendatangkan malapetaka bagi manusia. karena semakin canggih perkembangan teknologi, telah membuat masyarakat menjadi malas yang disebabkan oleh kemudahan-kemudahan yang ada tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar